There are no approved testimonials to display!
30/11/2018 Di Posting Oleh : editorial

Cegah Korupsi, Dewan Tangsel Ikuti Sosialisasi Pengisian LHKPN

TANGSEL– Pimpinan dan anggota DPRD Kota Tangerang Selatan mengikuti acara Sosialisasi Implementasi Aplikasi e-LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disalah satu Hotel dikawasan Tangerang, Kamis (30/11/2018).

Sosialisasi ini merupakan program kegiatan dari Direktorat Pendaftaran dan Pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (PP LHKPN) Deputi Bidang Pencegahan KPK. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pendampingan pengisian LHKPN bagi anggota DPRD secara online. Sesuai dengan Keputusan KPK Nomor 7 tahun 2016 bahwa tatacara pengisian LHKPN berubah dari sistem manual program Excel ke sistem online.

Direktorat LHKPN Deputi Bidang Pencegahan KPK Jeji Azizi menyampaikan bahwa sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman kepada penyelenggara negara terkait tata cara pelaporan harta kekayaan melalui aplikasi LHKPN berbasis elektronik (e-LHKPN).

“Aplikasi ini merupakan aplikasi baru dimana sebelumnya tata cara pelaporan dilakukan secara manual (kertas), sekarang sudah ada disiapkan aplikasi dari KPK untuk memudahkan para wajib lapor/penyelenggara pemerintahan dalam melaporkan kekayaannya,” katanya.

Jeji menjelaskan, pihaknya memberikan sosialisasi terkait gratifikasi, integritas dan e-LHKPN tujuannya sebagai upaya preventif atau pencegahan sehingga kedepan nilai-nilai anti korupsi semakin tertanam dengan tegas juga kita sangat memaksimalkan upaya pencegahan karena lebih baik kita mencegah dan memberikan himbauan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kegiatan ini bentuk kepedulian KPK untuk mencegah tindak pidana korupsi,”ujarnya.

Jeji menambahkan, dengan adanya sistem pelaporan e-LHKPN melalui jaringan internet, maka mereka kini sangat dimudahkan untuk memberikan pelaporan harta kekayaan yang dimiliki ke KPK.
Sedangkan pelaporan harta kekayaan tersebut dalam satu tahun hanya satu kali.

“Dengan sistem online ini dewan sangat dimudahkan dalam pelaporan harta kekayaan yang dimiliki, dan itu juga lebih efisien dan murah, serta tidak perlu mengeluarkan biaya untuk foto copy dan membawa-bawa berkas yang bertumpuk,”Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan Moch.Ramlie mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada KPK yang telah menyelenggarakan sosialisasi tersebut.

“Saya mengapresiasi sosialisasi terkait tatacara pengisian e-LHKPN tersebut dan dapat menjadi pedoman bagi Pimpinan dan Anggota DPRD, untuk melakukan pembaharuan LHKPN secara elektronik,”ucapnya.

Terpisah, plt Sekwan Dani Bina Satria mengaku sangat mendukung dengan upaya yang dilakukan oleh KPK. Pasalnya, demi terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang taat terhadap aturan, sekaligus pencegahan terhadap korupsi.

“Kegiatan ini sangat bagus untuk diselenggarakan agar terwujud penyelenggaraan pemerintahanyang mentaati aturan hukum yang ada serta menghindari perbuatan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN),” jelasnya. (Humas DPRD).



Copyright © 2013. DPRD Kota Tangerang Selatan. All rights reserved.