There are no approved testimonials to display!
09/04/2016 Di Posting Oleh : editorial

Dalam Sidang Paripurna Terbuka, Airin Sampaikan LKPj Akhir Masa Jabatan Tahun 2011- 2016

foto paripurnaTangerang Selatan-Diakhir masa jabatan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menyampaikan Pidato Laporan Pertanggung Jawaban Akhir Masa Jabatan (LKPj AMJ) Walikota Periode 2011-2016 kepada DPRD Kota Tangerang Selatan, bertempat di gedung Graha Griya Bakti, Puspitek, Jumat (8/4/2016).

Mengawali sambutan Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, menyampaikan Apresiasi yang sangat tinggi kepada Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan atas dukungan dan komunikasi yang terjalin walaupun penuh dinamika tetapi tetap dalam suasana kekeluargaan. Selain itu Airin juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada masyarakat atas dukungan dan upaya untuk memelihara suasana kondusif dalam penyelenggaraan berbagai agenda pembangunan Kota Tangerang Selatan selama ±  5 (lima) tahun.

Dalam Isi pidatonya Walikota juga menyampaikan dasar hukum penyampaian LKPJ Akhir Masa Jabatan Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 yang kemudian diperbaharui dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dimana pada paragraf ketiga tentang tugas, wewenang, hak dan kewajiban Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, khususnya dalam pasal 69 ditegaskan Kepala Daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Untuk melaksanakan salah satu kewajiban Kepala Daerah dimaksud, maka secara teknis dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Kepala Daerah, dimana ditegaskan dalam pasal 15 ayat (1) dan (2), bahwa ruang lingkup LKPJ mencakup penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan dan tugas umum pemerintahan. LKPJ terdiri atas LKPJ Akhir Tahun dan LKPJ Akhir Masa Jabatan. Lebih lanjut ditegaskan dalam Pasal 17 ayat (2) LKPJ Akhir Masa Jabatan disampaikan kepada DPRD paling lambat 30 (tiga puluh) hari setelah pemberitahuan DPRD perihal berakhirnya jabatan Kepala Daerah, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam pidato tersebut juga di uraikan sejumlah indikator keberhasilan, baik indikator program maupun indikator makro pembangunan di semua aspek  yang meliputi Aspek Gambaran Umum Daerah, Keuangan, Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah, Penyelenggaraan Tugas Pembantuan, Aspek Gambaran Umum Daerah menjelaskan tentang capain kinerja Ekonomi Makro Kota Tangerang Selatan, dimana dijelaskan tentang pertumbuhan ekonomi Kota Tangerang Selatan yang diukur dari beberapa indikator antara lain Laju Perumbuhan ekonomi, PDRB, PDRB per Kapita serta Laju Inflasi.

Pada tahun pertama kepemimpinannya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang Selatan pada tahun 2011 mengalami peningkatan. Pada tahun 2011 APBD Kota Tangerang Selatan sebesar Rp 1,532 Trilyun lebih, tahun anggaran 2012 sebesar Rp 1,980 Trilyun lebih, tahun anggaran 2013 sebesar Rp 2,216 trilyun lebih, tahun anggaran 2014 sebesar Rp 2,698 Trilyun lebih, tahun anggaran 2015 sebesar Rp 3,310 Trilyun lebih dan tahun anggaran 2016 sebesar Rp 3,304 trilyun lebih.

foto paripurna 1“Yang cukup menggembirakan adalah realisasi pendapatan asli daerah terus meningkat. Dimana pada tahun anggaran 2011 realisasi PAD sebesar Rp 420,6 Miliar lebih menjadi Rp 1,2 Trilyun lebih di tahun anggaran 2015 atau terjadi peningkatan sebesar 292 Persen,” kata Airin.

Untuk indikator Makro pembangunan, Airin menjelaskan, pencapaian sasaran strategis pembangunan juga mengalami peningkatan dengan tercapainya seluruh target indikator di tahun 2015 antara lain, Indek pembangunan Manusia (IPM) yang ditargetkan sebesar 75,74 persen telah tercapai sebesar 79,17 persen pada tahun 2015.

Selanjutnya laju pertumbhan ekonomi (LPE) di Kota Tangerang Selatan mengalami peningkatan yang cukup baik dari target 7,5 persen telah mencapai 8,99 persen ditahun 2015, ini memperlihatkan adanya sinergitas antara Program dan kebijakan Pembangunan Pemkot Tangerang Selatan dengan pihak swasta yang ikut berperan bagi pertumbuhan ini. Selain itu  keberhasilan pembangunan ini dapat dilihat dari tercapainya  sasaran seperti:
1.    Meningkatnya pendapatan Per kapita Masyarakat;
2.    Menurunnya angka penduduk miskin;
3.    Terpenuhinya hak-hak dasar masyarakat;
4.    Membaiknya indeks pembangunan manusia (IPM);
5.    Meningkatnya investasi swasta
6.    Membaiknya pengelolaan Sumberdaya alam dan  lingkungan hidup;
7.    Membaiknya sarana dan prasarana wilayah;
8.    Terselenggaranya Pemerintahan daerah dan pelayanan publik yang lebih baik

foto penyerahan LKPj walikotaPada akhir sambutannya, Walikota mengajak seluruh masyarakat Tangerang Selatan untuk tetap memelihara persaudaraan dan berjuang untuk masa depan Kota Tangerang Selatan karena penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan kedepan senantiasa dengan dinamika perkembangan yang bergerak cepat sehingga diperlukan kerja keras dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa.
Hadir dalam sidang terbuka tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan, Ketua, wakil ketua dan anggota DPRD Kota Tangerang Selatan, Sekda, Kepala SKPD di Lingkungan Pemkot serta undangan Lainnya. (Bagus)



Copyright © 2013. DPRD Kota Tangerang Selatan. All rights reserved.