There are no approved testimonials to display!
16/08/2013 Di Posting Oleh : editorial

KONFERENSI PERS DALAM RANGKA SILAHTURAHMI DPRD – PERS DAN APBD PERUBAHAN TA.2013

17Hari : Sabtu
Tanggal : 16 Agustus 2013
Waktu : 10.00 WIB
Tempat : Fame Hotel Paramount Serpong

Konferensi Pers mengenai Silahturahmi DPRD Kota Tangerang Selatan dengan Pers dan Pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2013. Dalam hal ini Ketua DPRD mengutarakan bahwa

1. Segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan pada kesempatan silaturahmi DPRD dengan Pers tersebut mengucapkan selamat Hari Raya Iedul Fitri tahun 1434 Hijriyah dan mohon maaf  lahir dan Bathin kepada rekan-rekan pers dan insan media lainnya.

2. Persetujuan Kebijakan Umum Anggaran dan Perhitungan Plapon Anggaran Sementara ( KUA PPAS ) telah ditanda tangani pada tanggal 3 Agustus 2013. Pada bulan Agustus ini Pemerintah Kota masih melakukan proses penyusunan Rancangan APBD Perubahan dengan acuan KUA PPAS yang telah disetujui bersama. Pembahasan hasil penyusunan RAPBD tahun 2013 akan dibahas bersama yang dilakukan pada bulan September secara maraton dan dilaksanakan sesuai dengan mekanisme berdasarkan ketentuan yang berlaku.

3. Rencana Pembangunan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan disetujui dimulai pada tahun 2013 dan dituangkan anggarannya pada APBD Perubahan tahun 2013 dengan catatan konsep pembangunan gedung pusat pemerintahan tersebut harus bernuansa lokal. Anggaran pembangunan Pusat Pemerintahan tersebut dianggarkan sebesar 286 milyar rupiah, pembangunan akan dilaksanakan selama 2 tahun melalui mekanisme pengadaan multi years. Pembangunan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan direncanakan dibangun 3 gedung diatas lahan seluas 4,2 ha, dengan lokasi di Kecamatan Ciputat. Sedangkan rencana pembangunan Gedung DPRD ditunda pelaksanaanya, mengingat gedung DPRD dan Sekretariat DPRD kondisinya saat ini masih bisa untuk digunakan dan anggaran pembangunan Gedung DPRD bisa dialihkan dan dialokasikan untuk anggaran kebutuhan lain yang lebih prioritas dan mendesak.

4. Ada penambahan anggaran pada APBD Perubahan tahun 2013 yang dialokasikan untuk Sekretariat DPRD dalam menunjang dan memfasilitasi kegiatan DPRD Kota Tangerang Selatan sebagai Lembaga Legislatif. Penambahan anggaran diperlukan mengingat anggaran pada APBD murni telah dianggarkan hanya sampai 9 bulan yaitu dianggarkannya sampai pada bulan September 2013, sedangkan anggaran untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggaraan DPRD harus terus berkelanjutan selama 1 tahun yaitu hingga bulan desember 2013.

5. DPRD Kota Tangerang Selatan telah menyetujui penganggaran dana pendamping Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (Balsem) sebesar 2,5 milyar rupiah. Kebijakan dana pendamping tersebut adalah untuk pemberian bantuan langsung kepada masyarakat miskin di Kota Tangerang Selatan. Pengalokasian anggaran ini harus dilakukan karena mengacu kepada Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri dan pelaksanaannya mengacu kepada ketentuan yang berlaku. Dalam surat Edaran tersebut dinyatakan bahwa pemberian dana bantuan langsung kepada masyarakat miskin yang dilakukan oleh Pemerintah pusat apabila terjadi adanya masyarakat miskin yang belum terdata atau terjadi lonjakan masyarakat miskin didaerah maka dana pendamping harus dianggarkan oleh Pemerintah Daerah untuk dapat mengantisipasi permasalahan tersebut, pelaksanaannya mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku. (Rhn)

 



Copyright © 2013. DPRD Kota Tangerang Selatan. All rights reserved.